Saturday, October 25, 2014

Varises Vena dan Spider Nevi, Pengobatan dengan laser endovena



Varises Vena dan Spider Nevi, Pengobatan dengan laser endovena

Pendahuluan

Sistem vena ditungkai terbagi 3 yaitu vena luar, vena dalam dan vena penghubung. Ketiganya ini membentuk suatu sistem yang terhubung dan  membantu menghantarkan darah tungkai kembali ke jantung. Varises vena tungkai timbul jika terjadi gangguan aliran darah kembali ke jantung oleh berbagai macam sebab.
Berbeda dengan arteri yang digerakkan oleh pompa jantung, darah dalam sistem vena digerakkan oleh pompa otot dan katup yang berperan menahan aliran balik. Jika terjadi gangguan pada kedua atau salah satu hal diatas mengakibatkan darah tertahan ditungkai. Hal ini mengakibatkan vena tungkai menjadi lebar, memanjang dan berbelok belok. Kondisi ini kita kenal sebagai varises vena tungkai. Dalam kondisi yang lebih berat dapat timbul perdarahan dan luka kronis disertai perubahan warna kulit tungkai menjadi kehitam hitaman (hiperpigmentasi).


Endovenous laser
Prosedur endovenous

Pengobatan endovenous laser adalah suatu metode pengobatan minimal invasif dengan menggunakan sinar laser langsung kedalam vena dengan menggunakan serat fiber optik. Prosedur ini mengakibatkan terjadinya ablasi atau penutupan sistem vena yang patologis di tungkai. Prosedur ini dikerjakan oleh spesialis bedah vaskular dan endovaskular di rumah sakit atau bisa juga di klinik. Ini bisa dikerjakan di klinik, karena bisa dikerjakan dengan anestesi lokal dan relatif aman. Pasien bisa pulang sesudah pengobatan. Atau paling lambat sehari sesudah pengobatan. Ini adalah salah satu perbedaan utama dengan prosedur operasi biasa yang memerlukan anestesi dan pasien memerlukan rawatan beberapa hari untuk pulih kembali.
Tetapi tidak semua varises vena dapat dikerjakan prosedur laser, sering karena penderita datang dalam keadaan lanjut diperlukan kombinasi dengan metode lain seperti pengangkatan vena yang sudah trombosis dan rusak berat.
Untuk vena vena luar kecil dikulit dapat dilakukan pengobatan dengan menggunakan skin laser.
Dahulu prosedur ini hanya dikerjakan diluar negeri sehingga penderita harus pergi ke Singapore atau Malaysia, tetapi saat ini seiring dengan perkembangan kedokteran vaskular di Indonesia dapat dikerjakan di Indonesia.
Keuntungan operasi ini tanpa bekas luka, tanpa jahitan, tanpa pembiusan umum, perawatan singkat, sehari pasca operasi sudah boleh pulang.
Prosedur
Prosedur dilakukan dengan anestesi lokal dengan menggunakan metode khusus yang dikenal sebagai metode tumesensi. Anestesi lokal dicampur dengan cairan tertentu diinjeksikan disekeliling vena safena magna dengan menggunakan cara tertentu sehingga cairan anestesi akan melingkari vena. Cairan campuran anestesi yang melingkari vena berfungsi menekan vena sehingga vena akan lebih berkontak dengan serat laser dan sekalian berfungsi melindungi jaringan sekitar vena dari panas akibat sinar laser. Prosedur penyuntikan cairan anestesi lokal dikerjakan dengan menggunakan panduan ultrasound.
Dengan menggunakan jarum halus dilakukan penusukan vena safena magna disekitar lutut dan serat laser dimasukkan kedalam vena safena magna. Kemudian serat laser didorong  sampai ke pangkal vena safena magna, prosedur laser dilakukan sambil menarik serat fiber dengan menggunakan panduan ultrasonografi.
Sesudah selesai prosedur, pasien memakai stocking ketat selama 4-5 hari. Dilanjutkan dengan stocking kompresi biasa selam dua minggu
Satu sampai dua minggu dilakukan evaluasi dengan menggunakan ultrasonografi. Biasanya masih ada cabang cabang vena kecil yang terbuka. Dan untuk itu dilakukan pengobatan dengan menggunakan skleroterapi.
Sebelum laser

3 bulan sesudah laser

Indikasi
Masih banyak dokter yang beranggapan bahwa varises vena adalah masalah kosmetik. Varises vena adalah suatu peristiwa patologis terjadinya pelebaran vena yang berbelok belok akibat gangguan katup dan pompa otot. Proses ini jika dibiarkan akan berlanjut terus dan bisa menjadi lebih buruk dengan timbulnya luka kronik, kaki n]bengkak , perubahan warna kulit dan dalam kondisi tertentu dapat timbul trombosis vena dan bila lepas dapat menjadi emboli paru.
Dari berbagai penelitian ditemukan bahwa komplikasi lanjut dari varises vena tungkai mengakibatkan terganggunya kualitas hidup penderita. Dan pada akhirnya membutuhkan biaya yang besar.
Keluhan keluhan yang menyertai varises vena adalah:
·         Pegal pegal
·         Pegal
·         Perasaan berat di tungkai
·         Letih
·         Nyeri malam hari
·         Gatal gatal
·         Perdarahan spontan
Perubahan kulit
·         Eksim, hiperpigmentasi
·         Lipodermatosklerosis
·         Atrophie blanche
·         Ulserasi kronis atau yang sudah sembuh
·         Edema
·         Phlebitis superfisial
Hal yang perlu diketahui sesudah pengobatan
·         Sesudah selesai tindakan diperlukan pemakaian stocking kompressi sesuai instruksi dokter
·         Hari kedua sudah boleh bekerja seperti biasa
·         Berjalan paling sedikit 30 menit tiap hari minimal 6 minggu setelah pengobatan
·         Hindari berdiri lama
·         Sesudah operasi dapat melakukan aktifitas biasa kecuali olahraga berat
·         Mungkin masih ada nyeri beberapa hari pasca operasi dan segera hilang sesudah pemebrian anlgetika ringan
·         Stocking dilepas saat malam hari
·         Stocking kompressi digunakan minimal du minggu setelah operasi
·         Tidak ada bekas jahitan, kecuali kalau ada vena sangat lebar yang harus dibuang
·         Dilakukan pemeriksaan ulang dengan USG setelah 2 minggu, dua bulan dan lima bulan.
Komplikasi
·         Jejas atau memar dibekas operasi yang nanti akan menghilang perlahan lahan
·         Nyeri yang hilang dengan pemberian analgetik ringan
·         Infeksi sangat jarang jika dikerjakan di kamar operasi
·         Keloid
·         Perdarahan
Penutup
Prosedur ini adalah suatu prosedur yang relatif aman dengan tingkat keberhasilan tinggi . Prosedur ini sudah dapat dikerjakan di Indonesia saat ini. Penulis sendiri sudah mengerjakan prosedur ini dibeberapa RS di Jakarta.
Jika memerlukan informasi lebih lanjut dapat menghubungi
1.       patrianef@gmail.com




3 comments:

Unknown said...

Pak Darwis...mau tanya....rumah sakit mana yg sdh ad EVLT nya...kira2 harga nya brapa yah...krn varises sdh menyiksa ku.... mohon bantu info kan yg jelas ke aku lewat email aku pak...moooooohon banget...trims okeputri@gmail.com

Unknown said...

Pak darwis maaf mau tanya....kira2 rumahsakit mana yg sdh ada EVLT nya dan harga nya brp yah...??? Mohon info jya pak...krn varises sdh mnyiksa kaki saya....plis.... 085779338803

Allena jasa driver freelance said...

Kira kira biaya pengobatan dengan laser endovena berapa ya dok???
Diindonesia,rumah sakit mana aja yg sudah menggunakan metode laser endovena???
Trims